PayPal Masuk Bisnis Kripto?

PayPal Berencana Menerbitkan Mata Uang Kripto Berjenis Stablecoin
PayPal Berencana Menerbitkan Mata Uang Kripto Berjenis Stablecoin

Meskipun bisnis PayPal berhubungan dengan transmisi uang dengan menggunakan jaringan internet, dana yang ditransmisikan merupakan uang konvensional. Jadi kalau kemudian PayPal benar-benar terjun ke bisnis mata uang kripto, ini akan menjadi sesuatu yang sama sekali baru.

Desas-desus mengenai rencana masuknya PayPal nampaknya semakin mendekati kenyataan. Portal berita kripto The Blok menyebut bahwa PayPal sedang mematangkan rencana untuk menerbitkan mata uang kripto berjenis stablecoin.


Ringkasan Berita

  • PayPal sedang mematangkan rencana untuk menerbitkan stablecoin.
  • Sejumlah sumber menyebut bahwa PayPal sudah mulai membuka pembicaraan dengan sejumlah pengembang protokol stablecoin.
  • PayPal sendiri memang sudah mengumumkan ketertarikannya untuk menyediakan layanan transaksi mata uang kripto.

Sejumlah sumber kompeten menyebut bahwa PayPal sudah membuka pembicaraan dengan sejumlah pengembang protokol stablecoin. Sehingga mereka menduga PayPal lebih tertarik untuk bekejasama dengan fihak ketiga daripada membangun infrastrukturnya sendiri dari awal.

Tim dari Ava Labs yang merupakan pengembang di balik blockchain Avalanche disebut merupakan salah satu fihak yang diajak berdiskusi oleh PayPal sehubungan dengan rencananya menerbitkan stablecoin. Belum ada berita lebih lengkap mengenai fihak-fihak lain yang juga sudah dihubungi PayPal.

Sementara itu PayPal sendiri masih memilih untuk tutup mulut mengenai rencananya untuk menerbitkan stablecoin.

Dikutip The Block, juru bicara PayPal mengatakan “Sebagai partner bisnis terpercaya, PayPal terus mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang berhubungan dengan mata uang digital, infrastruktur layanan keuangan digital, dan cara untuk membatu perusahaan-perusahaan berbasis internet yang berkecimpung dalam industri ini”. 

Sementara mengenai rumor pembicaraan PayPal dengan sejumlah pengembang protokol stablecoin dia menyebut “Sebagai perusahaan global mereka bekerjasama dengan banyak fihak, dari otoritas dan regulator sampai partner-partner dalam berbagai bidang untuk terus menyempurnakan sistem keuangan, sehingga pembicaraan dengan sejumlah fihak yang memiliki keahlian tertentu dalam bidang teknologi merupakan bagian dari upaya itu”.

Sejauh ini mengenai rencananya untuk menerbitkan stablecoin, juru bicara PayPal tetap enggan membahasnya. “Rumor dan spekulasi bukan sesuatu yang berpengaruh pada rencana perusahaan di masa depan”, ujarnya.

Bagaimanapun jika PayPal benar-benar sedang merencanakan penerbitan stablecoin lalu melaksanakan rencananya itu, jelas akan menjadi langkah besar yang sangat mempengaruhi industri kripto.


Apa Itu Stablecoin?

Stablecoin adalah jenis mata uang kripto yang lebih stabil. Tingkat fluktuasi nilai stablecoin tidak terlalu besar. Stabilitas nila stablecoin diperoleh dengan cara mengaitkannya dengan aset yang lebih stabil sebagai jaminan. Lebih lengkap mengenai stablecoin dapat dibaca disini.

Data menyebutkan saat ini stablecoin sudah cukup banyak beredar. Nilainya bahkan diperkirakan sudah mencapai angka 80 milyar dolar.


“Sepertinya mereka lebih condong untuk bekerjasama dengan fihak yang memang sudah matang dalam industri stablecoin alih-alih membangunnya sendiri dari awal. Masuk akal sih. Dengan begitu mereka bisa masuk pasar lebih cepat. Saya kira kecepatan itu sangat penting dan mereka pasti menyadari itu”, sebut sebuah sumber.

Sementara itu rumor mengenai keinginan PayPal untuk menerbitkan stablecoin sudah cukup lama beredar. Sejumlah sumber bahkan menyebut bahwa rencana itu sudah menjadi rahasia umum yang paling menarik perhatian di lingkungan industri mata uang kripto.

Sejumlah langkah yang diambil PayPal memang memperkuat sinyal bahwa rencana raksasa industri keuangan itu untuk menerbitkan stablecoin bukan wacana semata.

Musim gugur lalu PayPal mengumukan kerjasama dengan sebuah perusahaan rintisan yang akan memungkinkan penggunanya melakukan transaksi jual beli mata uang kripto melalui PayPal. Sejak itu disebutkan bahwa PayPal terus mengambil langkah-langkah untuk memperluas layanannya yang berhubungan dengan mata uang kripto.

Awal Maret lalu PayPal resmi mengakuisisi perusahaan rintisan bernama Curv yang mengembangkan layanan keamanan mata uang kripto dan komputasi multi-party yang merupakan inti dari logika blockchain.

Sumber: The Block

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *