Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapa tak kenal Tim Cook? Sosok flamboyan ini memimpin perusahaan teknologi paling bernilai saat ini, Apple, sebagai Chief Executive Officer, sejak pendiri sekaligus pemimpin visioner perusahaan itu meninggal 10 tahun lalu.

Ternyata diam-diam Tim Cook berinvestasi pada cryptocurrency. Fakta itu terungkap dalam sebuah konferensi baru-baru ini, dimana dia mengatakan bahwa dia memegang Bitcoin dan Ethereum.

“Ya saya punya. Saya fikir cukup masuk akal untuk memilikinya sebagai bagian dari bauran dalam portfolio investasi saya”, ungkap Cook menjawab pertanyaan yang diajukan Andrew Ross. Meskipun dia buru-buru menambahkan agar pernyataanya itu tidak diartikan sebagai saran.

Cook yang kemudian mengakui kalau kepemilikan cryptocurrency-nya itu juga bukan sesuatu yang baru. Dia sudah cukup lama memiliki cryptocurrency dan memastikan kalau keputusannya diambil lewat riset yang cukup mendalam sehingga doa memiliki pemahaman yang cukup saat mengambil keputusan.

Meskipun begitu Cook memastikan bahwa investasi pada cryptocurrency itu adalah investasi pribadi. Sementara untuk Apple, meskipun diketahui Apple memiliki cadangan dana tunai dalam jumlah sangat besar, Cook memastikan tidak akan membawa perusahaan yang dipimpinnya untuk berinvestasi pada cryptocurrency.

“Saya tidak akan membawa Apple untuk berinvestasi pada cryptocurrency bukan karena saya sendiri tidak mau menginvestasikan uang saya sendiri disitu, tapi saya yakin para pemegang saham Apple membeli saham Apple bukan karena ingin berinvestasi pada cryptocurrency”, ungkap Cook menjelaskan alasan mengapa dia tidak berfikir untuk menanamkan uang Apple pada investasi cryptocurrency.

Sebagai pemimpin perusahaan raksasa Tim Cook memang punya banyak uang. Bulan Agustus lalu dia baru menerima bonus berupa lima juta lembar saham Apple yang jika dihitung dengan harga saham Apple sekarang nilainya sekitar 750 juta dolar.

Pada tahun 2026 nanti dia juga akan menerima lagi bonus berupa saham yang jumlahnya disesuaikan dengan kinerja saham Apple di lantai bursa.

Untuk diketahui, Cook sudah membuat pernyataan untuk mendonasikan seluruh kekayaannya untuk amal.

Sejauh ini Apple tidak memiliki produk maupun layanan yang berhubungan langsung dengan cryptocurrency. Toko aplikasi Apple, AppStore, memperbolehkan aplikasi yang berhubungan dengan cryptocurrency seperti “wallet”, tetapi tidak menutup pintu untuk aplikasi penambangan mata uang crypto.

Meskipun Apple saat ini memiliki layanan pembayaran digital dalam bentuk app “wallet” yang di dalamnya ada fasilitas Apple Pay, pembayaran “peer-to-peer” antar pengguna, dan kartu kredit Apple Card, layanan untuk cryptocurrency sama sekali tidak ada.

Salah satu petinggi Apple Pay.pernah mengatakan kalau perusahaannya melihat potensi cryptocurrency dalam jangka panjang. Pernyataan itu sejalan dengan apa yang diungkapkan Cook bahwa Apple terus memantau perkembangan cryptocurrency “Tetapi sejauh ini dalam jangka pendek kami tidak ada rencana apa-apa”, ucapnya.

Leave a comment